- edited at http://lunapic.com/ on Twitpic

Minggu, 13 September 2009

Sulitnya ngurus blog di Blogspot

Wah, da lama jg aq miliki sebuah yang namanya 'BLOG', Tp tetap aku belum bisa mengerti bagaimana sebenarnya ngurusin yg namanya blog. Susah amat. Mempermak sebuah blog (kebetulan yang aku pakai 'blogspot'), mulai dari pengaturan hingga pernak-pernik yang dikhususkan agar blog semakin menarik dan enak dipandang mata. Salah satu tujuannya adalah agar pengunjung beta dan 'like' berselancar di dalamnya.
Tapi, bukan berarti blog yang biasa-biasa saja, orang ga da yang berminat loh. Banyak juga ko yang suka. Meskipun luarnya biasa, tapi dalamnya, maknyoss banget. .!
Ko bisa ?!. Ya ia dong. Pengunjung bukan menilai blog itu menarik hanya dari pakaian/pernak-perniknya yang menarik, tapi POSTINGnya yang sangat bermutu.

O y, agar mengena ke judul, aku mau komentar ne dengan repotnya mengurus sebuah blog. Baru dasar saja yang saya lakukan, tapi da amit-amit dan minta ampun. Lah,, gitu aza nyerah. . . ! Yup, pengennya se ga akan nyerah. Tp bgaimana? Repot amat. Ribet banget. Sulit teramat.. Semua deh.. Da promosi kesana kemari, tp ko tetap gada pengunjungnya. Aku pernah baca, agar blog ramai dikunjungi, maka dilakukan berbagai cara.
1. Blog walking. Ini setara dengan promosi blog kemana saja agar orang mau klik di blog kita.
2. Memberikan komentar atau aktif di forum-forum yang mungkin membutuhkan info berguna dari anda,
3. Mendaftarkan postingan anda agar dikenal oleh google atau yahoo, misalnya,agar setiap postingan dapat terlihat oleh mesin pencari. Dan,
4. Anda harus memberikan postingan yang bermanfaat bagi pembaca. Itu yang paling utama.

Wah, 1,2,3 mungkin masih gampang dilakukan. Tapi point 4, ini yang susah. Bermanfaat bagi para pembaca. Gimana ya caranya agar tulisan atau postingan bisa bermanfaat? Ya jelas, tulis yang bermanfaat. .Ia toh? He he he. .
Banyak yang telah saya baca tentang trik-tips dalam ngeblog. Sedikit banyak ada yang saya pahami. Termasuk seperti pertanyaan di atas. Tulisan agar bermanfaat dapat dilakukan apabila.:
1. Serius dan menfokuskan pikiran dalam menulisnya.
2. Hindari kata-kata yang sulit dalam tulisan. Pakailah kata yang mudah di mengerti. Meskipun anda tau banyak dengan kata asing, tapi gunakanlah bahasa yang lazin untuk digunakan. Karena, di dunia maya ini, banyak yang belum mengerti dengan bahasa asing. Bisa-bisa postingan menarik anda jadi tidak berguna karena kata yang tertulis di dalamnya tidak semuanya diketahui/mengerti. Bisa saja anda tulis kata itu, tapi jangan lupa memberikan pengertiannya.
3. Tinjaulah berita apa yang paling diminati oleh orang. Apakah tentang kesehatan (virus, bakteri, penyakit) yang mana lagi memanas untuk digosipkan.
4. Ambil atau cari sumber-sumber yang dapat memperkuat postingan anda. Bisa saja anda menambahkan jenis buku/pengarangnya, atau alamat situsnya. Agar pembaca juga bisa menelaah lebih dalam tentang apa yang anda tuliskan apabila orang lain membaca sumber anda.
5. Berusahalah agar judul anda dapat menarik perhatian pembaca. Menggugah perasaan dan naluri pembaca. Tapi, jangan cuma judulnya OK, sementara isi postingan anda tidak mengena sedikit pun ke judul. Bisa gawat itu. .

Sebenarnya, masih banyak hal-hal yang dapat kita lakukan agar blog kita tenar. Tergantung kepada hati dan kemauan kita untuk memperoleh ketenaran blog itu. Meskipun menurut saya 'repot/sulit mengurus sebuah blog' , tapi jika kita semangat dan sungguh-sungguh, sabar dan positif thinking, maka niscaya blog kita akan tenar. Dan rasa sulit itu akan hilang dengan sendirinya, dan berganti menjadi "DOYAN NGEPOST".
Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Horas.

Klik my blog in: http://surantosimanullang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo dunk. . .Masa seh lgsg pergi ga ksh ucpan met tinggal buat gw??

Catatanku

Powered By Blogger

Ne gw

kuis hunter, kuis hunter, Indonesia
kuis hunter berburu hadiah

Ini ne daftar blog gw

Cari di sini Z Bro


Produk SMART Telecom
Join My Community at MyBloglog!
Bookmark and Share
Counter Powered by  Counter4me.com

Anda pengunjung ke:

Counter Powered by  Counter4me.com